REGULASI MOTOR CONTEST HIMPUNAN MAHASISWA MESIN 2018



REGULASI MOTOR CONTEST
HIMPUNAN MAHASISWA MESIN 2018
KETENTUAN UMUM
1.      Terbuka untuk umum, perseorangan ataupun klub.
2.      Penilaian lomba diutamakan pada penampilan/performa luar, murni show bike.
3.      Nomor mesin dan nomor rangka tidak boleh diubah/ganti (sesuai STNK/BPKB). Khusus kelas Classic Modification bisa memakai rangka baru atau buatan sendiri (handmade), dan boleh mengambil rangka merek lain atau dicustom ulang.
4.      Panitia tidak menyediakan peralatan bengkel. Panitia tidak menanggung kerusakan motor / kehilangan komponen / variasi dalam situasi apapun selama kontes. Peserta wajib ikut menjaga keamanan motornya.
5.      Pada saat lomba, semua motor yang terdaftar sebagai peserta lomba tidak diperbolehkan diutakatik, dibawa keluar area penjurian atau dibawa pulang, kecuali terjadi force majeure.
6.      Peserta "dilarang keras menyalakan/menghidupkan mesin" motor selama lomba. Kecuali untuk test jalan/scrutineering dan pemotretan.
7.      Motor peserta yang dibawa keluar arena lomba dan peserta yang menyalakan mesin akan didiskualifikasikan/tidak akan dinilai.
8.      Mengutamakan persaudaraan, persatuan dan kesatuan otomania, dilarang keras membawa senjata tajam, miras, dan barang-barang psikotropika.
9.      Dilarang merokok dan wajib menjaga ketertiban serta kebersihan arena kontes.
10.  Peserta wajib ikut technical meeting yang ditentukan panitia. Setelah technical meeting, dewan juri tidak lagi menerima protes, pertanyaan, ketidakfahaman dari peserta.
11.  Baik yang hadir dan/atau tidak selama technical meeting dianggap mewakili dan menyetujui ketentuan dewan juri.
12.  Hasil lomba diputuskan oleh dewan juri yang berkompeten, dijamin objektif, fair dan bebas KKN. Ketentuan dewan juri tidak bisa diganggu gugat dan tidak diadakan surat-menyurat atau pertanyaan dalam bentuk apapun. Diskualifikasi adalah hak prerogatif dewan juri dan tidak bisa diganggu gugat.
13.  Dewan juri tidak ada hubungannya dengan rangkaian acara, kepanitiaan, hadiah, piala dan nominal untuk peserta selama kontes berlangsung.
14.  Panitia / dewan juri berhak memindah motor / peserta yang salah masuk kelas, dengan asumsi menyatukan rambu-rambu/regulasi modifikasi. Dan bukan berarti motor yang pindah/ganti kelas dijamin menang / kalah.
15.  Seluruh peserta wajib mengisi dan mengembalikan lembar spek modifikasi dari panitia maksimal saat technical meeting, sebagai syarat penjurian oleh dewan juri.


PELAKSANAAN & PENDAFTARAN
1.       Kontes/show digelar hari Sabtu dan malam Minggu, 12- Mei 2018.
2.       Tempat pendaftaran kontes/show di sekre HMM Politeknik Negeri Banjarmasin.
3.       Untuk peserta dari luar kota yang tidak bisa mendaftar langsung ke lokasi, bisa mendaftar via telpon / transfer bank dengan menyertakan data motor, nomor polisi, nama pemilik dan kelas diikuti. Namun jika terlambat saat loading in, tetap dikenakan pengurangan point.
4.       Jumlah peserta terbatas untuk 100 motor. Setiap peserta hanya diperbolehkan maksimal ikut dua kelas dalam setiap satu motor.
5.       Segala bentuk booking peserta hanya berlaku jika peserta sudah resmi membayar biaya pendaftaran.
BIAYA & SYARAT PENDAFTARAN
1.      Biaya pendaftaran semua kelas Rp. 150.000 per kelas / motor.
2.      Peserta hanya diperbolehkan maksimal ikut dua kelas, sesuai regulasi masing-masing kelas.
3.      Wajib menyerahkan satu lembar fotocopy kartu identitas yang masih berlaku (KTP/SIM) dan satu lembar fotocopy STNK/BPKB.
4.      Untuk motor baru dari dealer yang belum mendapatkan STNK/BPKB dari pihak samsat/ kepolisian, wajib melampirkan copy surat keterangan jalan yang berisi spesifikasi motor, nomor mesin dan nomor rangka.
TECHNICAL MEETING
1.        Sabtu 12 Mei 2018, pukul 15.00 WIB, di Gedung GSG, Politeknik Negeri Banjarmasin
2.       Peserta wajib mengikuti technical meeting. Peserta yang hadir/tidak hadir di technical meeting dianggap menyetujui semua ketentuan lomba.
3.       Pasca technical meeting, peserta diberi 30 menit waktu untuk pindah kelas / tambah kelas, tetapi tidak boleh mencabut pendaftaran. Setelah itu, panitia tidak menerima lagi “ganti/pindah kelas”.
LOADING IN
1.      Loading in dimulai hari Jum’at 11 Mei 2018 mulai pukul 15.00 hingga sabtu, 12 Mei 2018 pukul 15.00 waktu setempat. Tidak ada dispensasi untuk peserta luar kota dan tidak ada waktu tambahan untuk bersih-bersih motor, jadi diharap peserta bisa mempersiapkan waktunya sebaik mungkin.
2.      Peserta yang datang lebih dari waktu yang ditentukan (terlambat) mendapatkan pengurangan 10 point/jam. Peserta yang terlambat lebih dari waktu dispensasi, dikenakan pengurangan 50% dari total poin.
3.      Check in (memasukan motor ke arena kontes/show) dilakukan setelah motor di test jalan dan discrut oleh panitia.
4.      Mulai Sabtu 12 Mei 2018 pukul 16.00 waktu setempat motor sudah tertata rapi dalam arena kontes sesuai kelas yang diikuti. Pada saat ini, pemilik motor sudah tidak boleh mengutak-atik motor dan arena kontes disterilkan.
5.      Panitia tidak memberikan dispensasi waktu terakhir bagi peserta luar kota dan tetap mendapatkan pengurangan poin.
6.      Peserta yang terlambat check in hingga batas waktu terakhir tidak akan dinilai (diskualifikasi ), tetapi masih diperbolehkan memajang motornya.
7.      Peserta yang terlambat/menyatakan mundur, pendaftaran dianggap hangus dan tidak bisa dikembalikan.
SCRUTINEERING
1.      Semua mesin motor harus hidup dan bisa dipakai (layak jalan dan fungsional) melalui discrut dengan test jalan. Noka dan nosin harus sesuai STNK/BPKB.
2.      Semua komponen test jalan seperti fuel, gas dan rem harus berfungsi sempurna.
3.      Sirkuit test jalan berupa trek lurus sepanjang 50 – 100 meter dengan cone (kondisional).
HAK & KEWAJIBAN PESERTA
1.      Mendapatkan fasilitas stiker scrut, snack dll
2.      Boleh membawa peralatan bengkel, kit pembersih, lap, perlengkapan display dan sejenisnya.
3.      Diperbolehkan mempersiapkan/mengelap motor sebelum waktu penilaian dengan waktu dantanda yang ditentukan panitia.
4.      Semua peserta memperoleh perlakuan dan hak sama harus menaati seluruh regulasi / tata tertib yang ada.
5.      Peserta diperbolehkan memakai aksesoris pelengkap/display secara terbatas.
6.      Tidak dibenarkan mengutak-atik/perbaikan/mengelap motor selama pameran, kecuali diminta oleh team juri.
7.      Peserta diperbolehkan berada di sekitar areal kontes (bukan dalam arena motor) pada saat penjurian dan pameran. Tetapi tidak diperbolehkan menunggui/tidur di arena.
DEWAN JURI & PENJURIAN
1.      Penilaian kontes akan dilakukan oleh dewan juri yang berkompeten di bidangnya
2.      Panitia / dewan juri berhak memindah motor / peserta yang salah masuk kelas, dengan asumsi menyatukan rambu-rambu/regulasi modifikasi. Dan bukan berarti motor yang pindah/ganti kelas dijamin menang.
3.      Penjurian dilakukan secara terpadu, komprehensip dengan jadual dan waktu yang telah ditentukan selama kontes berlangsung.
4.      Seluruh peserta wajib mengisi dan mengembalikan lembar spek modifikasi dari panitia maksimal saat technical meeting, sebagai syarat penjurian oleh dewan juri.
5.      Diskualifikasi adalah hak prerogatif dewan juri dan tidak bisa diganggu gugat.
HASIL LOMBA CLASS CATEGORY
1.      Class Category ada 7 kelas, dengan rincian per kelas terlampir di bawah.
2.      Tiap Class Category diambil 4 juara (juara 1, 2, 3, 4).
3.      juara 1, 2, 3 akan mendapatkan trophy dan sertifikat/piagam penghargaan. Juara 4 hanya mendapat sertifikat dan pelekat .
4.      Uang pembinaan hanya untuk juara 1 dan 2 saja.
5.      Pengumuman juara hari malam Sabtu 12 Mei 2018 pukul 18.00 waktu setempat.
CLASS CATEGORY
1.      STREET RACING BEBEK / SPORT
2.      STREET RACING MATIC
3.      FASHION DAILY
4.      PURE MOTHAI
5.      MOTHAI
6.      AIR BRUSH
7.    CEPER

1. STREET RACING BEBEK / SPORT
Ø  Kelas khusus motor modif aliran racing harian / racing funky, bisa bebek / sport model racing minimalis.
Ø  Tidak dibatasi kapasitas / jenis mesin. Kecepatan dan kekuatan mesin (power output) tidak dihitung, hanya mengutamakan showbike only dengan performa luar sebagai item penilaian utama.
Ø  Nosin dan noka tidak boleh diganti (harus sesuai STNK). Modifikasi rangka, pemakaian rangka baru (handmade) atau mencomot merek lain tidak diperbolehkan.
Ø  Model racing harian, harus dilengkapi body minimal 80% utuh serta wajib dilengkapi lampu depan dan belakang.
Ø  Part body boleh diganti dengan teknik pengerjaan mix & match body, teknik transfer body tidak diperbolehkan.
Ø  Aplikasi stoping system dibatasi 1 unit cakram depan dan 1 unit cakram belakang (satu disc dan satu kaliper di tiap cakramnya sebelah kanan untuk sport dan bebek).
Ø  Finishing body maksimal grafis minimalis dan masih menonjolkan warna dasar (bukan warna nano-nano), pengecatan rangka harus sewarna dan polos, krom rangka diperbolehkan.
Ø  Coak rangka dan body dilarang, kecuali sekedar pelubangan body (maksimal berbentuk bulat), namun tidak frontal.
Ø  Pemakaian komponen racing dan variasi seperti karburator, intake manifold, pengapian, oil cooler, knalpot, footstep, diperbolehkan. Tetapi, penggunaan part dan asesoris mahal dan banyak bukan menentukan poin tinggi.
Ø  Penggerak konvensional. Harus memakai pelek / ban sepeda motor. Pelek custom eks mobil tidak diperbolehkan.
Ø  Pemakaian pelek jeruji minim wajib 36 buah / lingkar pelek, tidak boleh kurang atau lebih. Jeruji model pelintir diperbolehkan. Jeruji jarang/kurang, custom dari betoneser, atau gabungan jeruji dengan pelek palang tidak diperbolehkan.
Ø  Aplikasi asesoris lain bebas, jok maksimal diganti kover. Single seater, plat, bordes, akrilik dilarang.
Ø  Layak jalan dan fungsional.
2. STREET RACING MATIC
Ø  Kelas khusus motor modif aliran racing harian / racing funky, khusus matic model racing minimalis.
Ø  Tidak dibatasi kapasitas / jenis mesin. Kecepatan dan kekuatan mesin (power output) tidak dihitung, hanya mengutamakan showbike only dengan performa luar sebagai item penilaian utama.
Ø  Nosin dan noka tidak boleh diganti (harus sesuai STNK). Modifikasi rangka, pemakaian rangka baru (handmade) atau mencomot merek lain tidak diperbolehkan.
Ø  Model racing harian, harus dilengkapi body minimal 80% utuh serta wajib dilengkapi lampu depan dan belakang.
Ø  Part body boleh diganti dengan teknik pengerjaan mix & match body, teknik transfer body tidak diperbolehkan.
Ø  Aplikasi stoping system dibatasi 1 unit cakram depan dan 1 unit cakram belakang (satu disc dan satu kaliper di tiap cakramnya sebelah kanan untuk sport dan bebek).
Ø  Finishing body maksimal grafis minimalis dan masih menonjolkan warna dasar (bukan warna nano-nano), pengecatan rangka harus sewarna dan polos, krom rangka diperbolehkan.
Ø  Coak rangka dan body dilarang, kecuali sekedar pelubangan body (maksimal berbentuk bulat), namun tidak frontal.
Ø  Pemakaian komponen racing dan variasi seperti karburator, intake manifold, pengapian, oil cooler, knalpot, footstep, diperbolehkan. Tetapi, penggunaan part dan asesoris mahal dan banyak bukan menentukan poin tinggi.
Ø  Penggerak konvensional. Harus memakai pelek / ban sepeda motor. Pelek custom eks mobil tidak diperbolehkan.
Ø  Pemakaian pelek jeruji minim wajib 36 buah / lingkar pelek, tidak boleh kurang atau lebih. Jeruji model pelintir diperbolehkan. Jeruji jarang/kurang, custom dari betoneser, atau gabungan jeruji dengan pelek palang tidak diperbolehkan.
Ø  Aplikasi asesoris lain bebas, jok maksimal diganti kover. Single seater, plat, bordes, akrilik dilarang.
Ø  Layak jalan dan fungsional
3.       FASHION DAILY
Ø  Untuk motor modifikasi hasil kreasi modifikator "rookies category", khusus tipe bebek, sport dan matic yang dimodif minimalis style harian (Digabung antara bebek, sport & matic).
Ø Item penilaian : performa semua bagian motor, kreativitas, cat, stripping, pemakaian aksesoris, kelistrikan, trend, inovasi, tipstrick, inovasi dan paling utama keserasian universal
Ø Aplikasi aksesori variasi jumlah banyak/mahal, merk cat mahal, belum tentu meraih point tinggi, lebih mengutamakan aplikasi variasi untuk mendukung keperluan bermotor harian.
Ø Kaki-kaki dan mesin boleh dikrom atau poles.
Ø Maks bodi utama standart motor dan boleh melakukan penggantian atau penambahan sub body dengan teknik mix & match  ataupun bold on.
Ø Spesifikasi modif “safety riding”, wajib pasang spion, boleh aseso / standart motor. Wajib pasang platnom.
Ø Diharuskan ada headlamp, signlamp dan stoplamp.
Ø Boleh ganti warna : cat bunglon, mutiara, xyralic, hologram, glitter, dub city, ghost flame sederhana. Airbrush total tidak diperbolehkan.
Ø Stiker standar pabrik bisa dikelupas, boleh ganti cutting stiker atau digital printing.
Ø Mencoak bodi diperbolehkan, sepanjang tidak frontal, aplikasi fibertrens hanya diperbolehkan untuk pendukung pernik asesoris (bukan pendukung bodi), seperti rumah tacho.
Ø Kaki-kaki “terbatas” dimodifikasi. Penggantian kaki-kaki tidak boleh frontal, maksimal ganti tabung sok aksesoris, upside down variasi, piringan cakram besar dan giga disc, asesoris toko dan pelek variasi.
Ø Modifikasi kaki harus konvensional, monosok tidak diperbolehkan, kecuali bagi motor yang dari standarnya sudah ber-monosok.
Ø Pengereman dibatasi : maksimal single cakram depan - belakang (sisi kanan untuk rem belakang). Multikaliper tidak diperbolehkan & Buell custom dilarang, kecuali aplikasi Velg variasi Buell.
Ø Boleh memakai ban standar pabrik / variasi, dengan alur / tread / polosan / non slick. Tidak dibatasi ukuran, harus menggunakan ban sepeda motor.
Ø Sistem penggerak/kaki-kaki harus konvensional (harus rantai / cvt belt ).
Ø Jok dan covernya bebas diganti produk variasi. Aklirik, fiber, single seater, plat & bordes “Tidak diperbolehkan”.
4.       PURE MOTHAI
Ø  Kelas khusus untuk motor bebek/sport/matic, yang dimodif minim bergaya “murni“ Thailand Style.
Ø  Model/style bebas, dikhususkan konsep daily use
Ø  Item penilaian : performa semua bagian motor, inovasi, tema, kreativitas, cat, stripping, pemakaian aksesoris, trend, inovasi, tipstrick, tingkat kesulitan, dan keserasian universal gaya Thailand Style.
Ø  Maksimal “body utama masih mempertahankan varian merk orsi motor" dengan pemasangan aksesoris asli variasi toko dan bukan custom.
Ø  Mix and match / kawin silang “body part” dengan varian asli part body pabrikan Thailand / Vietnam diperbolehkan.
Ø  Lampu dan kedok depan tidak boleh dicustom dan atau diganti varian merk lain, ”kecuali penggantian dengan lampu Proji/LED”. Style racing trondol tidak diperbolehkan, spesifikasi modif “safety riding”, wajib memasang spion dan platnom.
Ø  Dilarang mencustom/bor/coak atau memotong body. Melepas fender depan dan belakang diharamkan. 
Ø  Cat ulang diperbolehkan, maksimal dua warna dominan. Untuk warna dengan konsep three tone diperbolehkan, sebatas hanya sebagai imbuhan warna pemanis body.
Ø  Untuk mendukung tampilan bodi, diperbolehkan memasang sticker konsep Thailand murni.
Ø  Kaki-kaki “terbatas” dimodifikasi. Penggantian kaki-kaki harus murni variasi toko/plug and play, dan tidak boleh dicustom/handmade. Khusus matic harus mengunakan CVT ( Continous Variable Transmission )  tertutup (tanpa lubang). Aplikasi footrest racing Underbone hanya diperbolehkan untuk basis motor varian sport dan bebek ayago.
Ø  Aplikasi pengereman, maksimal single disc depan dan single disc belakang sebelah kanan.
Ø  Khusus matic, tidak boleh berkaki molor/low rider.
Ø  Harus menggunakan velg dan ban sepeda motor berprofil bebas. Pemakaian velg custom dari bahan velg non motor seperti eks mobil tidak diperbolehkan.
Ø  Perubahan diameter roda diperbolehkan, dengan menggunakan velg ukuran 12,” 16” dan 17” profil lebar bebas. Dilarang mengkepang jeruji dan mengaplikasi trend velg belang (depan palang, belakang jeruji).
Ø  Aplikasi aksesori / variasi dalam jumlah banyak dan mahal, belum tentu meraih point tinggi. Aplikasi dan trend asesoris khas style Thailand akan menambah poin penilaian.
Ø  Aplikasi monel dan emblem diharamkan, kecuali emboss Thailand.
Ø  Knalpot harus menggunakan non type racing untuk varian matic.
Ø  Jok maksimal dimodif tipis dan diganti lapisan pelindungnya dengan kain kanvas atau produk sintetis dan tidak boleh dicustom/dikreatifi lubang.
Ø  Pemakaian sub body berbahan serat karbon atau laminasi karbon diperbolehkan dan hanya sebagai pendukung tampilan pada bidang part motor.
5.       MOTHAI
Ø  Kelas modif untuk motor bebek, sport & matic, yang dimodif minim, bergaya modif Thailand Style.
Ø  Model/style bebas, termasuk daily use style atau daily street racing.
Ø  Item penilaian : performa semua bagian motor, inovasi, tema, kreativitas, cat, stripping, pemakaian aksesoris, trend, inovasi, tipstrick, tingkat kesulitan, dan keserasian universal gaya Thailand Style.
Ø  Maksimal “bodi masih orsi motor" dengan pemasangan aksesoris variasi toko.
Ø  Transfer body / kawin silang “body part” dengan varian lain tidak diperbolehkan.
Ø  Lampu dan kedok depan tidak boleh dicustom, diganti kedok merek dan jenis lain atau style trondol dan wajib dipasang lampu.  Spesifikasi modif “safety riding”, wajib memasang spion dan platnom.
Ø  Dilarang mengcustom/bor/coak atau memotong body, kecuali untuk media pembantu pemasangan asesoris (stabiliser, selang oli/bahan bakar),  maksimal diperbolehkan melepas part/sub body (90 persen body utuh) 
Ø  Cat ulang diperbolehkan, warna polosan tanpa grafis, boleh beda warna per sub-body. Two/ three tone, asal tidak dalam satu bidang body, Stiker (grafis minimalis, cutting sticker, digital print, logo) diperbolehkan, diutamakan konsep Thailand.
Ø  Kaki-kaki "terbatas" dimodifikasi. Penggantian kaki-kaki harus variasi toko / plug and play dan tidak boleh dicustom/handmade. Khusus matic harus menggunakan CVT ( Continous Variable Transmission ) tertutup (tanpa lubang)
Ø  Aplikasi pengereman maksimal single disc dpn dan single disc belakang sebelah kanan.
Ø  Khusus matic, tidak boleh berkaki molor/low rider.
Ø  Harus menggunakan pelek dan ban sepeda motor. Pemakaian pelek custom dari bahan pelek non motor seperti eks mobil tidak diperbolehkan.
Ø  Perubahan diameter roda diperbolehkan, namun harus memakai ban non slick, baik standar pabrik/variasi. Tanpa ruji pelintir.
Ø  Aplikasi asesoris dalam jumlah banyak dan mahal belum tentu meraih point tinggi. Aplikasi dan trend asesoris Mothai akan menambah point penilaian.
Ø  Aplikasi monel, emblem, swarovsky tidak diperbolehkan.
6.        AIR BRUSH
Ø  Kelas modif untuk semua jenis motor merek apapun, baik bebek/sport/matic yang diairbrush/cat dengan desain dan aliran bebas, baik grafis, realis, animasi atapun aliran yang lain.
Ø  Motif bebas, bisa nyata, natural, alami seperti mahkluk hidup ataupun motif striping berstyle bebas (glitter/fostor/tribal/gothic/grafis/technomatrix/streamline graffity dll).
Ø  Teknis pengecatan/airbrush bebas. (mal, stripping, free hand dll)
Ø  Pemakaian efek brush diperbolehkan (glitter/fostor dll).
Ø  Item penilaian terdiri dari semua bagian yang dibrush, dari segi desain, motif yang dipilih, detail, kehalusan gambar, pewarnaan, komposisi dan finishing. Item lain yang dinilai adalah keserasian gambar, alur cerita dalam airbrush (narasi) dan motif-motif yang dipakai serta detail/kehalusan terdiri atas garis-garis, lekukan maupun sambungan antar bagian.
Ø  Mengutamakan aplikasi penbrush, spray gun, dan teknik realis, "bukan" dengan alat tambahan khusus seperti brush/kuas, rapido, spidol, ballpoint, boxy, waterslide decal, dll.
Ø  Tingkat kesulitan dalam menciptakan motif-motif, detail gambar jadi point tersendiri.
Ø  Pemakaian efek-efek brush, inovasi dan media brush (kaca/bulu/kasa/kain/benang/kapas dll) atau media lain sangat dianjurkan.
7.      CEPER                                                           
Ø  Tahun Pembuatan Sepeda Motor Bebas
Ø  Warna Bebas
Ø  Safety Riding ( Spion, Lampu jalan, Lampu stop, Lampu Sein ) DIWAJIBKAN
Ø  Kelengkapan Body Motor 75 % ( tidak trondo)
Ø  Ukuran Ban Bebas (Non Ban Sepeda)
Ø  Penilaian diambil dari kreatifitas dalam menceperkan motor, tipstrik, trend, airbrush/cat, dan performa universal.Teknik ceper bebas (potong sok, tekuk rangka, komstir atau coak tangki), NON EXTREME (Rangka lipat / Patah – Patah 
Ø  Item penilaian terdiri dari atas performa semua bagian motor, kreativitas, cat/airbrush, stripping, pemakaian aksesoris, kelistrikan, trend, inovasi, tipstrik, dan keserasian universal
Ø  Tidak diperbolehkan memakai Velg Handmade / Custom (Orbital , Double Velg )
Ø  Tidak diperbolehkan menggunakan Sparepart Sepeda
Ø  Layak jalan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

POLIBAN WELDING COMPETITION