REGULASI MOTOR CONTEST HIMPUNAN MAHASISWA MESIN 2018
REGULASI
MOTOR CONTEST
HIMPUNAN
MAHASISWA MESIN 2018
KETENTUAN UMUM
1. Terbuka
untuk umum, perseorangan ataupun klub.
2. Penilaian
lomba diutamakan pada penampilan/performa luar, murni show bike.
3.
Nomor mesin dan nomor rangka tidak boleh
diubah/ganti (sesuai STNK/BPKB). Khusus kelas Classic Modification bisa memakai
rangka baru atau buatan sendiri (handmade), dan boleh mengambil rangka merek
lain atau dicustom ulang.
4.
Panitia tidak menyediakan peralatan bengkel.
Panitia tidak menanggung kerusakan motor / kehilangan komponen / variasi dalam
situasi apapun selama kontes. Peserta wajib ikut menjaga keamanan motornya.
5.
Pada saat lomba, semua motor yang terdaftar
sebagai peserta lomba tidak diperbolehkan diutakatik, dibawa keluar area
penjurian atau dibawa pulang, kecuali terjadi force majeure.
6.
Peserta "dilarang keras
menyalakan/menghidupkan mesin" motor selama lomba. Kecuali untuk test
jalan/scrutineering dan pemotretan.
7.
Motor peserta yang dibawa keluar arena lomba dan
peserta yang menyalakan mesin akan didiskualifikasikan/tidak akan dinilai.
8.
Mengutamakan persaudaraan, persatuan dan
kesatuan otomania, dilarang keras membawa senjata tajam, miras, dan
barang-barang psikotropika.
9. Dilarang
merokok dan wajib menjaga ketertiban serta kebersihan arena kontes.
10.
Peserta wajib ikut technical meeting yang
ditentukan panitia. Setelah technical meeting, dewan juri tidak lagi menerima
protes, pertanyaan, ketidakfahaman dari peserta.
11.
Baik yang hadir dan/atau tidak selama technical
meeting dianggap mewakili dan menyetujui ketentuan dewan juri.
12.
Hasil lomba diputuskan oleh dewan juri yang
berkompeten, dijamin objektif, fair dan bebas KKN. Ketentuan dewan juri tidak
bisa diganggu gugat dan tidak diadakan surat-menyurat atau pertanyaan dalam
bentuk apapun. Diskualifikasi adalah hak prerogatif dewan juri dan tidak bisa
diganggu gugat.
13.
Dewan juri tidak ada hubungannya dengan
rangkaian acara, kepanitiaan, hadiah, piala dan nominal untuk peserta selama
kontes berlangsung.
14.
Panitia / dewan juri berhak memindah motor /
peserta yang salah masuk kelas, dengan asumsi menyatukan rambu-rambu/regulasi
modifikasi. Dan bukan berarti motor yang pindah/ganti kelas dijamin menang /
kalah.
15.
Seluruh peserta wajib mengisi dan mengembalikan
lembar spek modifikasi dari panitia maksimal saat technical meeting, sebagai
syarat penjurian oleh dewan juri.
PELAKSANAAN & PENDAFTARAN
1. Kontes/show
digelar hari Sabtu dan malam Minggu, 12- Mei 2018.
2. Tempat
pendaftaran kontes/show di sekre HMM Politeknik Negeri Banjarmasin.
3.
Untuk peserta dari luar kota yang tidak bisa
mendaftar langsung ke lokasi, bisa mendaftar via telpon / transfer bank dengan
menyertakan data motor, nomor polisi, nama pemilik dan kelas diikuti. Namun
jika terlambat saat loading in, tetap dikenakan pengurangan point.
4.
Jumlah peserta terbatas untuk 100 motor. Setiap
peserta hanya diperbolehkan maksimal ikut dua kelas dalam setiap satu motor.
5. Segala
bentuk booking peserta hanya berlaku jika peserta sudah resmi membayar biaya
pendaftaran.
BIAYA & SYARAT PENDAFTARAN
1. Biaya
pendaftaran semua kelas Rp. 150.000 per kelas / motor.
2. Peserta
hanya diperbolehkan maksimal ikut dua kelas, sesuai regulasi masing-masing
kelas.
3.
Wajib menyerahkan satu lembar fotocopy kartu
identitas yang masih berlaku (KTP/SIM) dan satu lembar fotocopy STNK/BPKB.
4. Untuk
motor baru dari dealer yang belum mendapatkan STNK/BPKB dari pihak samsat/
kepolisian, wajib melampirkan copy surat keterangan jalan yang berisi
spesifikasi motor, nomor mesin dan nomor rangka.
TECHNICAL MEETING
1. Sabtu 12 Mei 2018, pukul 15.00 WIB, di Gedung GSG, Politeknik Negeri Banjarmasin
2.
Peserta wajib mengikuti technical meeting.
Peserta yang hadir/tidak hadir di technical meeting dianggap menyetujui semua
ketentuan lomba.
3. Pasca
technical meeting, peserta diberi 30 menit waktu untuk pindah kelas / tambah
kelas, tetapi tidak boleh mencabut pendaftaran. Setelah itu, panitia tidak
menerima lagi “ganti/pindah kelas”.
LOADING IN
1.
Loading in dimulai hari Jum’at 11 Mei 2018 mulai
pukul 15.00 hingga sabtu, 12 Mei 2018 pukul 15.00 waktu setempat. Tidak ada
dispensasi untuk peserta luar kota dan tidak ada waktu tambahan untuk
bersih-bersih motor, jadi diharap peserta bisa mempersiapkan waktunya sebaik
mungkin.
2. Peserta
yang datang lebih dari waktu yang ditentukan (terlambat) mendapatkan
pengurangan 10 point/jam. Peserta yang terlambat lebih dari waktu dispensasi,
dikenakan pengurangan 50% dari total poin.
3.
Check in (memasukan motor ke arena kontes/show)
dilakukan setelah motor di test jalan dan discrut oleh panitia.
4.
Mulai Sabtu 12 Mei 2018 pukul 16.00 waktu
setempat motor sudah tertata rapi dalam arena kontes sesuai kelas yang diikuti.
Pada saat ini, pemilik motor sudah tidak boleh mengutak-atik motor dan arena
kontes disterilkan.
5.
Panitia tidak memberikan dispensasi waktu
terakhir bagi peserta luar kota dan tetap mendapatkan pengurangan poin.
6.
Peserta yang terlambat check in hingga batas
waktu terakhir tidak akan dinilai (diskualifikasi ), tetapi masih diperbolehkan
memajang motornya.
7. Peserta
yang terlambat/menyatakan mundur, pendaftaran dianggap hangus dan tidak bisa
dikembalikan.
SCRUTINEERING
1.
Semua mesin motor harus hidup dan bisa dipakai
(layak jalan dan fungsional) melalui discrut dengan test jalan. Noka dan nosin
harus sesuai STNK/BPKB.
2. Semua
komponen test jalan seperti fuel, gas dan rem harus berfungsi sempurna.
3. Sirkuit
test jalan berupa trek lurus sepanjang 50 – 100 meter dengan cone
(kondisional).
HAK & KEWAJIBAN PESERTA
1. Mendapatkan
fasilitas stiker scrut, snack dll
2. Boleh
membawa peralatan bengkel, kit pembersih, lap, perlengkapan display dan
sejenisnya.
3.
Diperbolehkan mempersiapkan/mengelap motor
sebelum waktu penilaian dengan waktu dantanda yang ditentukan panitia.
4.
Semua peserta memperoleh perlakuan dan hak sama
harus menaati seluruh regulasi / tata tertib yang ada.
5. Peserta
diperbolehkan memakai aksesoris pelengkap/display secara terbatas.
6.
Tidak dibenarkan
mengutak-atik/perbaikan/mengelap motor selama pameran, kecuali diminta oleh
team juri.
7. Peserta
diperbolehkan berada di sekitar areal kontes (bukan dalam arena motor) pada
saat penjurian dan pameran. Tetapi tidak diperbolehkan menunggui/tidur di
arena.
DEWAN JURI &
PENJURIAN
1. Penilaian
kontes akan dilakukan oleh dewan juri yang berkompeten di bidangnya
2.
Panitia / dewan juri berhak memindah motor /
peserta yang salah masuk kelas, dengan asumsi menyatukan rambu-rambu/regulasi modifikasi.
Dan bukan berarti motor yang pindah/ganti kelas dijamin menang.
3.
Penjurian dilakukan secara terpadu, komprehensip
dengan jadual dan waktu yang telah ditentukan selama kontes berlangsung.
4.
Seluruh peserta wajib mengisi dan mengembalikan
lembar spek modifikasi dari panitia maksimal saat technical meeting, sebagai
syarat penjurian oleh dewan juri.
5. Diskualifikasi
adalah hak prerogatif dewan juri dan tidak bisa diganggu gugat.
HASIL LOMBA CLASS CATEGORY
1. Class
Category ada 7 kelas, dengan rincian per kelas terlampir di bawah.
2. Tiap
Class Category diambil 4 juara (juara 1, 2, 3, 4).
3. juara 1, 2, 3 akan mendapatkan trophy dan sertifikat/piagam penghargaan. Juara 4 hanya mendapat sertifikat dan pelekat .
4. Uang
pembinaan hanya untuk juara 1 dan 2 saja.
5. Pengumuman
juara hari malam Sabtu 12 Mei 2018 pukul 18.00 waktu setempat.
CLASS CATEGORY
1. STREET RACING
BEBEK / SPORT
2. STREET RACING
MATIC
3. FASHION DAILY
4. PURE
MOTHAI
5. MOTHAI
6. AIR BRUSH
7. CEPER
6. AIR BRUSH
7. CEPER
1.
STREET RACING BEBEK / SPORT
Ø Kelas khusus motor modif aliran racing harian / racing funky, bisa bebek
/ sport model racing minimalis.
Ø Tidak dibatasi kapasitas / jenis mesin. Kecepatan dan kekuatan mesin
(power output) tidak dihitung, hanya mengutamakan showbike only dengan performa
luar sebagai item penilaian utama.
Ø Nosin dan noka tidak boleh diganti (harus sesuai STNK). Modifikasi rangka,
pemakaian rangka baru (handmade) atau mencomot merek lain tidak diperbolehkan.
Ø Model racing harian, harus dilengkapi body minimal 80% utuh serta wajib
dilengkapi lampu depan dan belakang.
Ø Part body boleh diganti dengan teknik pengerjaan mix & match body,
teknik transfer body tidak diperbolehkan.
Ø Aplikasi stoping system dibatasi 1 unit cakram depan dan 1 unit cakram
belakang (satu disc dan satu kaliper di tiap cakramnya sebelah kanan untuk
sport dan bebek).
Ø Finishing body maksimal grafis minimalis dan masih menonjolkan warna
dasar (bukan warna nano-nano), pengecatan rangka harus sewarna dan polos, krom
rangka diperbolehkan.
Ø Coak rangka dan body dilarang, kecuali sekedar pelubangan body (maksimal
berbentuk bulat), namun tidak frontal.
Ø Pemakaian komponen racing dan variasi seperti karburator, intake
manifold, pengapian, oil cooler, knalpot, footstep, diperbolehkan. Tetapi,
penggunaan part dan asesoris mahal dan banyak bukan menentukan poin tinggi.
Ø Penggerak konvensional. Harus memakai pelek / ban sepeda motor. Pelek
custom eks mobil tidak diperbolehkan.
Ø Pemakaian pelek jeruji minim wajib 36 buah / lingkar pelek, tidak boleh
kurang atau lebih. Jeruji model pelintir diperbolehkan. Jeruji jarang/kurang,
custom dari betoneser, atau gabungan jeruji dengan pelek palang tidak
diperbolehkan.
Ø Aplikasi asesoris lain bebas, jok maksimal diganti kover. Single seater,
plat, bordes, akrilik dilarang.
Ø Layak jalan dan fungsional.
2. STREET RACING MATIC
Ø Kelas khusus motor modif aliran racing harian / racing funky, khusus matic
model racing minimalis.
Ø Tidak dibatasi kapasitas / jenis mesin. Kecepatan dan kekuatan mesin
(power output) tidak dihitung, hanya mengutamakan showbike only dengan performa
luar sebagai item penilaian utama.
Ø Nosin dan noka tidak boleh diganti (harus sesuai STNK). Modifikasi
rangka, pemakaian rangka baru (handmade) atau mencomot merek lain tidak
diperbolehkan.
Ø Model racing harian, harus dilengkapi body minimal 80% utuh serta wajib
dilengkapi lampu depan dan belakang.
Ø Part body boleh diganti dengan teknik pengerjaan mix & match body,
teknik transfer body tidak diperbolehkan.
Ø Aplikasi stoping system dibatasi 1 unit cakram depan dan 1 unit cakram
belakang (satu disc dan satu kaliper di tiap cakramnya sebelah kanan untuk
sport dan bebek).
Ø Finishing body maksimal grafis minimalis dan masih menonjolkan warna
dasar (bukan warna nano-nano), pengecatan rangka harus sewarna dan polos, krom
rangka diperbolehkan.
Ø Coak rangka dan body dilarang, kecuali sekedar pelubangan body (maksimal
berbentuk bulat), namun tidak frontal.
Ø Pemakaian komponen racing dan variasi seperti karburator, intake
manifold, pengapian, oil cooler, knalpot, footstep, diperbolehkan. Tetapi,
penggunaan part dan asesoris mahal dan banyak bukan menentukan poin tinggi.
Ø Penggerak konvensional. Harus memakai pelek / ban sepeda motor. Pelek
custom eks mobil tidak diperbolehkan.
Ø Pemakaian pelek jeruji minim wajib 36 buah / lingkar pelek, tidak boleh
kurang atau lebih. Jeruji model pelintir diperbolehkan. Jeruji jarang/kurang,
custom dari betoneser, atau gabungan jeruji dengan pelek palang tidak
diperbolehkan.
Ø Aplikasi asesoris lain bebas, jok maksimal diganti kover. Single seater,
plat, bordes, akrilik dilarang.
Ø Layak jalan dan fungsional
3.
FASHION DAILY
Ø Untuk motor modifikasi hasil kreasi modifikator "rookies
category", khusus tipe bebek, sport dan matic yang dimodif minimalis style
harian (Digabung antara bebek, sport & matic).
Ø Item penilaian : performa semua bagian motor, kreativitas, cat,
stripping, pemakaian aksesoris, kelistrikan, trend, inovasi, tipstrick, inovasi
dan paling utama keserasian universal
Ø Aplikasi aksesori variasi jumlah banyak/mahal, merk cat mahal, belum
tentu meraih point tinggi, lebih mengutamakan aplikasi variasi untuk mendukung
keperluan bermotor harian.
Ø Kaki-kaki dan mesin boleh dikrom atau poles.
Ø Maks bodi utama standart motor dan boleh melakukan penggantian atau
penambahan sub body dengan teknik mix & match ataupun bold on.
Ø Spesifikasi modif “safety riding”, wajib pasang spion, boleh aseso /
standart motor. Wajib pasang platnom.
Ø Diharuskan ada headlamp, signlamp dan stoplamp.
Ø Boleh ganti warna : cat bunglon, mutiara, xyralic, hologram, glitter,
dub city, ghost flame sederhana. Airbrush total tidak diperbolehkan.
Ø Stiker standar pabrik bisa dikelupas, boleh ganti cutting stiker atau
digital printing.
Ø Mencoak bodi diperbolehkan, sepanjang tidak frontal, aplikasi
fibertrens hanya diperbolehkan untuk pendukung pernik asesoris (bukan pendukung
bodi), seperti rumah tacho.
Ø Kaki-kaki “terbatas” dimodifikasi. Penggantian kaki-kaki tidak boleh
frontal, maksimal ganti tabung sok aksesoris, upside down variasi, piringan
cakram besar dan giga disc, asesoris toko dan pelek variasi.
Ø Modifikasi kaki harus konvensional, monosok tidak diperbolehkan,
kecuali bagi motor yang dari standarnya sudah ber-monosok.
Ø Pengereman dibatasi : maksimal single cakram depan - belakang (sisi
kanan untuk rem belakang). Multikaliper tidak diperbolehkan & Buell custom
dilarang, kecuali aplikasi Velg variasi Buell.
Ø Boleh memakai ban standar pabrik / variasi, dengan alur / tread /
polosan / non slick. Tidak dibatasi ukuran, harus menggunakan ban sepeda motor.
Ø Sistem penggerak/kaki-kaki harus konvensional (harus rantai / cvt belt
).
Ø Jok dan covernya bebas diganti produk variasi. Aklirik, fiber, single
seater, plat & bordes “Tidak diperbolehkan”.
4.
PURE MOTHAI
Ø Kelas
khusus untuk motor bebek/sport/matic, yang dimodif minim bergaya “murni“ Thailand
Style.
Ø Model/style
bebas, dikhususkan konsep daily use
Ø Item
penilaian : performa semua bagian motor, inovasi, tema, kreativitas, cat,
stripping, pemakaian aksesoris, trend, inovasi, tipstrick, tingkat kesulitan,
dan keserasian universal gaya Thailand Style.
Ø Maksimal
“body utama masih mempertahankan varian merk orsi motor" dengan pemasangan
aksesoris asli variasi toko dan bukan custom.
Ø Mix and
match / kawin silang “body part” dengan varian asli part body pabrikan Thailand
/ Vietnam diperbolehkan.
Ø Lampu dan
kedok depan tidak boleh dicustom dan atau diganti varian merk lain, ”kecuali penggantian
dengan lampu Proji/LED”. Style racing trondol tidak diperbolehkan, spesifikasi
modif “safety riding”, wajib memasang spion dan platnom.
Ø Dilarang
mencustom/bor/coak atau memotong body. Melepas fender depan dan belakang diharamkan.
Ø Cat ulang
diperbolehkan, maksimal dua warna dominan. Untuk warna dengan konsep three tone
diperbolehkan, sebatas hanya sebagai imbuhan warna pemanis body.
Ø Untuk
mendukung tampilan bodi, diperbolehkan memasang sticker konsep Thailand murni.
Ø Kaki-kaki
“terbatas” dimodifikasi. Penggantian kaki-kaki harus murni variasi toko/plug and
play, dan tidak boleh dicustom/handmade. Khusus matic harus mengunakan CVT ( Continous Variable Transmission ) tertutup (tanpa lubang). Aplikasi footrest
racing Underbone hanya diperbolehkan untuk basis motor varian sport dan bebek
ayago.
Ø Aplikasi
pengereman, maksimal single disc depan dan single disc belakang sebelah kanan.
Ø Khusus
matic, tidak boleh berkaki molor/low rider.
Ø Harus
menggunakan velg dan ban sepeda motor berprofil bebas. Pemakaian velg custom dari
bahan velg non motor seperti eks mobil tidak diperbolehkan.
Ø Perubahan
diameter roda diperbolehkan, dengan menggunakan velg ukuran 12,” 16” dan 17”
profil lebar bebas. Dilarang mengkepang jeruji dan mengaplikasi trend velg
belang (depan palang, belakang jeruji).
Ø Aplikasi
aksesori / variasi dalam jumlah banyak dan mahal, belum tentu meraih point tinggi.
Aplikasi dan trend asesoris khas style Thailand akan menambah poin penilaian.
Ø Aplikasi
monel dan emblem diharamkan, kecuali emboss Thailand.
Ø Knalpot
harus menggunakan non type racing untuk varian matic.
Ø Jok
maksimal dimodif tipis dan diganti lapisan pelindungnya dengan kain kanvas atau
produk sintetis dan tidak boleh dicustom/dikreatifi lubang.
Ø Pemakaian
sub body berbahan serat karbon atau laminasi karbon diperbolehkan dan hanya
sebagai pendukung tampilan pada bidang part motor.
5.
MOTHAI
Ø Kelas modif untuk motor bebek, sport & matic, yang dimodif minim,
bergaya modif Thailand Style.
Ø Model/style bebas, termasuk daily use style atau daily street racing.
Ø Item penilaian : performa semua bagian motor, inovasi, tema,
kreativitas, cat, stripping, pemakaian aksesoris, trend, inovasi, tipstrick,
tingkat kesulitan, dan keserasian universal gaya Thailand Style.
Ø Maksimal “bodi masih orsi motor" dengan pemasangan aksesoris
variasi toko.
Ø Transfer body / kawin silang “body part” dengan varian lain tidak
diperbolehkan.
Ø Lampu dan kedok depan tidak boleh dicustom, diganti kedok merek dan
jenis lain atau style trondol dan wajib dipasang lampu. Spesifikasi modif “safety riding”, wajib
memasang spion dan platnom.
Ø Dilarang mengcustom/bor/coak atau memotong body, kecuali untuk media
pembantu pemasangan asesoris (stabiliser, selang oli/bahan bakar), maksimal diperbolehkan melepas part/sub body
(90 persen body utuh)
Ø Cat ulang diperbolehkan, warna polosan tanpa grafis, boleh beda warna
per sub-body. Two/ three tone, asal tidak dalam satu bidang body, Stiker
(grafis minimalis, cutting sticker, digital print, logo) diperbolehkan,
diutamakan konsep Thailand.
Ø Kaki-kaki "terbatas" dimodifikasi. Penggantian kaki-kaki
harus variasi toko / plug and play dan tidak boleh dicustom/handmade. Khusus
matic harus menggunakan CVT ( Continous Variable Transmission ) tertutup (tanpa
lubang)
Ø Aplikasi pengereman maksimal single disc dpn dan single disc belakang
sebelah kanan.
Ø Khusus matic, tidak boleh berkaki molor/low rider.
Ø Harus menggunakan pelek dan ban sepeda motor. Pemakaian pelek custom
dari bahan pelek non motor seperti eks mobil tidak diperbolehkan.
Ø Perubahan diameter roda diperbolehkan, namun harus memakai ban non
slick, baik standar pabrik/variasi. Tanpa ruji pelintir.
Ø Aplikasi asesoris dalam jumlah banyak dan mahal belum tentu meraih
point tinggi. Aplikasi dan trend asesoris Mothai akan menambah point penilaian.
Ø Aplikasi monel, emblem, swarovsky tidak diperbolehkan.
6.
AIR BRUSH
Ø Kelas modif
untuk semua jenis motor merek apapun, baik bebek/sport/matic yang
diairbrush/cat dengan desain dan aliran bebas, baik grafis, realis, animasi
atapun aliran yang lain.
Ø Motif
bebas, bisa nyata, natural, alami seperti mahkluk hidup ataupun motif striping
berstyle bebas (glitter/fostor/tribal/gothic/grafis/technomatrix/streamline
graffity dll).
Ø Teknis
pengecatan/airbrush bebas. (mal, stripping, free hand dll)
Ø Pemakaian
efek brush diperbolehkan (glitter/fostor dll).
Ø Item
penilaian terdiri dari semua bagian yang dibrush, dari segi desain, motif yang
dipilih, detail, kehalusan gambar, pewarnaan, komposisi dan finishing. Item
lain yang dinilai adalah keserasian gambar, alur cerita dalam airbrush (narasi)
dan motif-motif yang dipakai serta detail/kehalusan terdiri atas garis-garis,
lekukan maupun sambungan antar bagian.
Ø Mengutamakan
aplikasi penbrush, spray gun, dan teknik realis, "bukan" dengan alat
tambahan khusus seperti brush/kuas, rapido, spidol, ballpoint, boxy, waterslide
decal, dll.
Ø Tingkat
kesulitan dalam menciptakan motif-motif, detail gambar jadi point tersendiri.
Ø Pemakaian
efek-efek brush, inovasi dan media brush (kaca/bulu/kasa/kain/benang/kapas dll)
atau media lain sangat dianjurkan.
7. CEPER
Ø Tahun
Pembuatan Sepeda Motor Bebas
Ø Warna Bebas
Ø Safety
Riding ( Spion, Lampu jalan, Lampu stop, Lampu Sein ) DIWAJIBKAN
Ø Kelengkapan
Body Motor 75 % ( tidak trondo)
Ø Ukuran Ban
Bebas (Non Ban Sepeda)
Ø Penilaian
diambil dari kreatifitas dalam menceperkan motor, tipstrik, trend,
airbrush/cat, dan performa universal.Teknik ceper bebas (potong sok, tekuk
rangka, komstir atau coak tangki), NON EXTREME (Rangka lipat / Patah – Patah
Ø Item
penilaian terdiri dari atas performa semua bagian motor, kreativitas, cat/airbrush,
stripping, pemakaian aksesoris, kelistrikan, trend, inovasi, tipstrik, dan
keserasian universal
Ø Tidak
diperbolehkan memakai Velg Handmade / Custom (Orbital , Double Velg )
Ø Tidak
diperbolehkan menggunakan Sparepart Sepeda
Ø Layak jalan
Komentar
Posting Komentar